Saat ini berbagai model jilbab muslimah sudah beraneka macam,mulai dari bahan,bentuk maupun corak yang menarik sehingga para wanita muslim tertarik untuk mengenakannya. Kami adalah toko online yang menyediakan berbagai jenis jilbab murah dengan harga grosir. Tersedia berbagai pilihan jenis jilbab yang bisa Anda sesuaikan dengan pilihan gaya busana Anda. Tersedia aneka jilbab phasmina murah dengan model dan motif yang trendy.

Jumat, 23 Desember 2016

Macam-maam bahan kerudung | 082242247477

Macam-macam bahan kerudung

Sekarang ini banyak sekali dijual berbagai jenis kerudung. Terkadang kita kesulitan untuk membedakan jenis bahan yang digunakan? Terus kelebihannya apa ? dan Perawatannya bagaimana? Beda jenis, beda bahan , beda juga harganya. Semakin bagus bahannya otomatis, semakin mahal harga kerudungnya. 
Kebanyakan orang tidak mengutamakan bahan atau kualitas bahannya, yang penting nyaman dipakai dan harganya terjangkau. Apalagi untuk ibu-ibu rumahtangga yang super hemat,  masalah harga yang paling didahulukan, model, kenyamanan baru bahannya yang terakhir.
Buat pecinta kerudung yang gak mau ketinggalan gaya, alangkah baiknya kita juga mengetahui jenis bahan yang dipakai untuk membuat kerudung tersebut. Supaya lebih tahu dan paham. Kalo sudah paham, nanti kalau belanja gak bakal kena tipu manut saja sama penjualnya pas ditawarin atau pas kita tanya nama bahannya apa, kita percaya. jangan-jangan kejadian harusnya harga kerudungnya murah bisa jadi kena di kita harganya mahal, rugi bukan!
Berikut adalah bahan-bahan kerudung yang biasa digunakan di pasaran:    
1.      CHIFFON (sifon)
kerudung bahan sifon, jilbab bahan sifon, hijab bahan sifon

Jenis kain kerudung ini terbuat dari  kain chiffon (sifon) bisa dibuat dengan menggunakan katun, sutra, nilon, rayon, ataupun polyester. Kata ‘chiffon’ sebenarnya adalah kata untuk mendeskripsikan cara atau metode yang digunakan untuk membuat jenis kain ini. Sifon atau bahasa Inggrisnya chiffon adalah kain yang tipis, transparan, dan ringan, yang ditenun dengan pola pattern yang seragam.

Jika dilihat dengan kaca pembesar, kain sifon terlihat seperti net atau jaring jaring halus sehingga membuat kain tersebut tembus pandang, Sifon merupakan kain yang tipis namun kain tersebut juga bisa memiliki teksture yang kasar. namun kain sifon yang terbuat dari sutra dianggap sebagai bahan yang paling berkualitas. Selain dikenal paling halus, kain jenis sifon-sutra ini juga memiliki tekstur yang paling lembut dan mengkilau sehingga tidak heran kalau harga kain sifon-sutra amatlah mahal. Namun anda bisa merasakan perbedaannya yang jauh jika dibandingkan dengan sifon dari fiber sintesis atau serat lainnya.

Kain sifon yang terbuat dari serat sintesis merupakan kain sifon yang paling umum karena murah. Belakangan ini sifon pada kain stretch-knit yang dibuat dari fiber poliester juga sering ditemukan. Stretch-knit adalah kain yang dibuat agar bisa ditarik atau diregang. Sifon yang terbuat dari poliester juga merupakan sifon yang tahan lama dan dapat dicuci pada mesin cuci. Mencuci kain sifon pada mesin cuci tidaklah disarankan karena teksturnya yang tipis sehingga dapat merusak kain tersebut.
Chiffon sekarang ini banyak ditemui untuk pashmina dan terdapat dalam bentuk bermotif maupun polos. Kelebihan : Hijab berbahan sifon akan memberikan kesan elegan bagi orang yang memakainya, sehingga cocok digunakan untuk menghadiri acara semi-formal dan formal. Kekurangan : Bahan ini tidak cocok untuk digunakan saat cuaca panas dan cepat kusam.
2.      SPANDEK
hijab bahan spandek, jilbab bahan spandek


Kain spandex merupakan kain yang elastic seperti karet, spandex terbuat dari polimer, seperti nilon atau polyester.  Pada implementasinya, serat spandex tidak dapat berdiri sendiri menjadi kain, tetapi harus dikombinasi dengan serat lain seperti katun rayon dan lain-lain.
Kain jenis  ini juga cukup mudah dalam proses pencuciannya, jenis kain kerudung ini banyak jenisnya dan yang paling menarik dari jenis kain ini adanya efek mengkilap, meskipun tidak semua jenis kain kerudung spandek memiliki efek mengkilap.
 Kelebihan : kerudung dengan bahan spandek yang bagus memiliki kemampuan menyerap keringat yang sangat baik, sehingga tetap nyaman untuk digunakan saat cuaca panas. Teksturnya yang sangat elastis membuat kerudung berbahan spandek lebih mudah untuk dibentuk dan dikreasikan sesuai dengan keinginan. Kekurangan : Bahan ini akan mudah melar jika dicuci dengan cara yang tidak benar.
3.      CERUTI
hijab bahan ceruti, jilbab bahan ceruti
Ceruti adalah bahan kain yang mempunyai cirri khas tipis seperti bahan sifon, permukaan kain ceruti mirip dengan kulit jeruk namun halus. Bahan ini sifatnya lebih lembut dan sedikit elastis, masanya agak berat, jika dipakai bahan terasa jatuh, sehingga tidak enteng atau mudah melayang. Bahan ceruti ini memiliki banyak pilihan warna sehingga sahabat dapat dengan mudah untuk memilih warna-warna kesukaan sahabat. kain kerudung jenis ini juga memberikan kesan mewah dan elegan.
4.      RAYON

jilbab bahan rayon

Kain rayon ini memiliki tekstur yang halus lembut dan juga dingin. Kain rayon Sebenarnya sebenarnya tidak terbuat dari serat buatan, melainkan rayon berasal dari selulosa alami. Pemprosesan dari selulosa menjadi rayon membutuhkan proses yang sangat panjang. Rayon biasanya diklasifikasikan sebagai serat diproduksi dan dianggap sebagai “selulosa diregenerasi”. Kelebihan : kerudung berbahan rayon nyaman dan sangat cocok dipakai ketika cuaca panas karena kemampuannya yang baik dalam menyerap keringat. Selain itu, bahan ini juga sangat cocok untuk dipakai sehari-hari karena kesannya yang casual. Teksturnya juga mudah untuk diatur dan dikreasikan sesuai dengan keinginan. Kekurangan : Bahan ini mudah kusut dan terkadang luntur saat dicuci. Jika digunakan terlalu lama, jilbab berbahan rayon juga dapat menimbulkan bau tidak sedang karena menyerap keringat.
5.      TETERON COTTON


TETERON COTTON adalah Campuran dari Cotton Combed 35 % dan Polyester (Teteron) 65%. Dibanding bahan Cotton, bahan TC kurang bisa menyerap keringat dan agak panas di badan. Kelebihannya jenis bahan TC lebih tahan ’shrinkage’ (tidak susut atau melar) meskipun sudah dicuci berkali-kali. Teteron-Cotton adalah bahan kaos yang terbuat dari campuran PE (65%) dan Cotton (35%). Bahannya kesat dan menyerap panas meskipun tidak selembut PE. Bahan TC ini seperti halnya PE, banyak digunakan untuk membuat kerudung yang ukurannya relatif besar.
6.      KAOS


Bahan kaos terkenal cukup elastis dan mudah menyerap keringat. kerudung berbahan kaos nyaman dipakai tapi sangat mudah kendur, dengan karakter kain jatuh, adem, elastis, nyaman dipakai. biasanya dipakai untuk bahan kerudung agar kerudung berbahan kaos lebih awet, sebaiknya menghindari pengkucekan secara berlebihan saat mencuci – kerudung juga akan lebih awet jika tidak terlalu sering dicuci. Kelebihan : Kaos merupakan salah satu bahan kerudung yang nyaman digunakan sehari-hari dan saat cuaca panas. Bahan ini juga mudah dibentuk menjadi beragam model kerudung, dan tidak luntur saat dicuci. kekurangan : Bahan kaos mudah melar setelah dicuci berulang kali.
7.      JERSEY

hijab bahan jersey, jilbab jersey

Bahan jersey merupakan bahan kain yang dibuat dari jenis rajutan yang terdiri dari bahan serat katun seluruhnya atau sebagian dicampur dengan serat sintesis. Bahan jersey merupakan kain cotton strech, halus, lebih tebal dari spandek rayon dan tidak berbulu. Kain hangat, fleksibel, elastis, dan sangat isolasi. Jersey juga cenderung lembut dan kainnya dingin (adem), sehingga sangat nyaman dan memberi kesan jatuh saat dipakai. Kelebihan : kerudung berbahan jersey memiliki tekstur lembut dan ringan sehingga sangat nyaman dipakai, serta memberi kesan jatuh saat dipakai. Kekurangan : Teksturnya akan membuat wajah yang menggunakannya terlihat lebih berisi.
                8. KATUN

hijab katun, jilbab bahan katun, kerudung paris

Jenis bahan ini tipis dan saat menggunakannya disarankan dilapisi dengan iner atau ciput agar tidak menerawang ketika digunakan. Ada beberapa jenis katun. Katun diantaranya kain katun combed dan dan kain katun caded. Jika kain katun combed lebih halus seratnya, jika kain caded serat benangnya kurang halus, dan rajutannya kurang rata. Bahan katun terbuat murni 100 % dari kapas alami bahan jenis katun memiliki tesktur yang halus, dingin, nyaman, dan mampu menyerap keringat sehingga sangat nyaman dan cocok digunakan pada acara santai. Perawatan kerudung berbahan dasar katun  ini juga sangat mudah tidak mudah kusut.
Share:
Lokasi: Waru, Sidoarjo Regency, East Java, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar

Facebook Badge

Diberdayakan oleh Blogger.

Label